Jaipur, "Pink City" Yang Bersahaja

Posted At : Nov - Mon - 2015


Memasuki Kota Jaipur seperti membawa kita kembali ke masa silam. Kota yang hampir semua bangunannya berwarna pink atau coklat kemerahan ini sangat sibuk dan ramai dengan berbagai aktifitas baik masyarakat maupun turis yang berkunjung. Jaipur merupakan Ibukota dari Propinsi Rajahstan dan merupakan kota terbesar di negara bagian Utara India. Kota yang didirikan oleh Maharaja Sawai Jai Singh, penguasa Amer, wilayah Jaipur ini memiliki banyak peninggalan dan situs sejarah. Diantara peninggalan bersejarah tersebut diantaranya adalah Amer Palace, yang dikenal juga dengan nama Amber Fort.

Amber fort berdiri megah diatas sebuah bukit dan berjarak kurang lebih 11 Km dari Kota Jaipur. Istana  yang sekaligus benteng tersebut di bagian depannya terdapat danau yang membatasi dinding istana dengan jalanan umum. Dibangun dari batu pasir merah dan marmer, istana mewah ini memiliki empat tingkat dengan setiap tingkatnya mempunyai halaman. Bagian belakang istana sendiri merupakan perbukitan yang dibatasi tembok panjang yang mirip dengan tembok cina namun dalam skala kecil. Untuk memasuki bangunan istana tersebut, bisa ditempuh dengan berjalan kaki dari bagian depan dipinggiran danau. Dari sini juga terdapat gajah-gajah yang bisa ditunggangi untuk masuk ke area bangunan.


Kita juga dapat menaiki jeep 4 wheel drive yang akan menyisiri bagian samping bangunan untuk menuju istana tersebut. Tentunya jika kita ingin memotret, jalan kaki merupakan pilihan yang paling tepat, karena kita akan dapat explore istana tersebut mulai dari depan hingga bagian dalam bangunan istana tersebut.

Dekat pintu masuk istana terdapat kuil Hindu dimana sering diadakan acara keagamaan. Dari level pertama ini kita bisa memotret bagian halaman utama